Azas, Bentuk dan Sifat:

  • Organisasi ini berazaskan Islam Ahlus Sunnah Wal Jamaah beraqidahkan Asy-‘ariyyah Maturidiyyah bermadzhabkan Imam Syafi’ie sebagaimana dianut oleh para Sultan Banten beserta Alim Ulamanya dan menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Organisasi ini berbentuk persatuan ikatan darah keturunan (Trah) dan kekeluargaan (Dzuriat) Sultan Banten; dan tidak menjadi bagian dari golongan, organisasi masa atau partai politik manapun.
  • Organisasi ini bersifat independent, bebas dan aktif dalam melaksanakan segala kegiatan untuk kemaslahatan umat Islam, khususnya dzuriat kesultanan Banten.
  • Organisasi ini merupakan sarana/wadah pelestarian nasab dan silaturahmi dzuriat kesultanan Banten serta bergerak di bidang dakwah, pendidikan dan kebudayaan.

Visi:

Menjadi wadah penggerak dan pemersatu trah dzuriat, para bangsawan dan Alim Ulama kesultanan Banten.

Misi:

  • Memperkokoh silaturahmi ukhuwah Islamiyah, wathoniyah dan insaniyah yang dilandasi dengan saling asah, saling asih, saling asuh dalam kehidupan bermasyarakat khususnya diantara trah kesultanan Banten.
  • Mewadahi kegiatan-kegiatan keagaaman bagi trah dzuriat kesultanan Banten untuk menjadi insan yang ber-akhlakul karimah yang dapat mengambil pelajaran/hikmah serta mampu meneladani perjalanan hidup leluhurnya.

Tujuan:

Terpeliharanya ajaran-ajaran dan tradisi yang dibawa oleh para Sultan serta Alim Ulama kerabat kesultanan Banten melalui berbagai kegiatan keagamaan, dakwah, pendidikan, kesenian dan kebudayaan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan lahir batin umat Islam Indonesia, khususnya trah dzuriat kesultanan Banten.

“Betapapun tinggi nasab kami, tidak sekali-kali kami bersandar kepadanya..

Kami akan membangun seperti leluhur kami membangun dan akan berkarya seperti mereka telah berkarya….

ليس الفتى من يقول كان أبي

ولكن الفتى من يقول ها أنا ذا

Bukanlah pemuda sejati yang berkata “DAHULU AYAHKU (PARA LELUHURKU) “

Sesungguhnya pemuda sejati ialah yang berkata “INILAH  AKU (KARYAKU) “

Do’akum ya jami’il ajdadil kirom.. wa yaa.. jiddi Salathina Banten..”

Silahkan berbagi :
Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.